SISTEM INFORMASI PADA ORGANISASI
DEFINISI SISTEM INFORMASI
- Hubungan kbergantungan antar komponen-komponen yang bekerja secara bersama-sama untuk mengkoleksi, memproses, menyimpan dan mendistribusikan informasi untuk mendukung dalam pengambilan keputusan.
SISTEM INFORMASI
- Tugas Utama
mengumpulkan, memproses, menyimpan, menganalisis, dan menyebarkan informasi untuk tujuan tertentu.
- Sistem Informasi berjalan berdasarkan lingkungan sistem.
- Sistem Informasi menggunakan teknologi informasi dalam menjalankan tugasnya.
SCHEMA SISTEM INFORMASI
TEKNOLOGI INFORMASI
- Adalah teknologi yang digunakan dalam sebuah Sistem Informasi
- Hardware
- Software
- Database
- Network
- Procedure
- People
- Other devices
- Computer-based information system : sistem informasi yang menggunakan teknologi komputer dalam mengerjakan berbagai tugas.
EVOLUSI SISTEM
CAKUPAN KERJA SISTEM INFORMASI
- 1950's : Technical Changes
- 1960's - 1970's : Managerial Control
- 1980's - 1990's : Institutional Core Activities
- 2000's - 2005's : Vendors, Customers Beyond the Enterprise
PENGARUH SISTEM INFORMASI PADA ORGANISASI
- Subtitutes for capital & labor
- Reduce transaction cost
- Reduce internal management cost
- Reduce the cost of acquisition an analyzing information (agency cost)
- Hierarchy & behavior organization & culture
SISTEM INFORMASI DALAM SISTEM KERJA ORGANISASI
BUSINESS PRESSURE
ORGANIZATION RESPONSES
- STRATEGIC SYSTEM
- BUSINESS ALLIANCES
- BUSINESS PROCESS RE-ENGINEERING
- CYCLE TIME, COLLABORATE WORK, RESTRUCTURING, ETC.
- CONTINOUS IMPROVEMENT
- TQM, JIT, CHANGE MANAGEMENT
- ELECTRONIC COMMERCE
- ANY TIME, ANY PLACE, ANY WAY
No comments:
Post a Comment