Wednesday, 12 November 2014

SISTEM INFORMASI PADA ORGANISASI

DEFINISI SISTEM INFORMASI 

  • Hubungan kbergantungan antar komponen-komponen yang bekerja secara bersama-sama untuk mengkoleksi, memproses, menyimpan  dan mendistribusikan informasi untuk mendukung dalam pengambilan keputusan.

SISTEM INFORMASI

  • Tugas Utama
    mengumpulkan, memproses, menyimpan, menganalisis, dan menyebarkan informasi untuk tujuan tertentu.
  • Sistem Informasi berjalan berdasarkan lingkungan sistem.
  • Sistem Informasi menggunakan  teknologi informasi dalam menjalankan tugasnya.

SCHEMA SISTEM INFORMASI

 TEKNOLOGI INFORMASI

  • Adalah teknologi yang digunakan dalam sebuah Sistem Informasi
    • Hardware
    • Software
    • Database
    • Network
    • Procedure
    • People
    • Other devices
  • Computer-based information system : sistem informasi yang menggunakan teknologi komputer dalam mengerjakan berbagai tugas.

EVOLUSI SISTEM

CAKUPAN KERJA SISTEM INFORMASI

  • 1950's : Technical Changes
  • 1960's - 1970's : Managerial Control
  • 1980's - 1990's : Institutional Core Activities
  • 2000's - 2005's : Vendors, Customers Beyond the Enterprise

PENGARUH SISTEM INFORMASI PADA ORGANISASI

  • Subtitutes for capital & labor
  • Reduce transaction cost
  • Reduce internal management cost
  • Reduce the cost of acquisition an analyzing information (agency cost)
  • Hierarchy & behavior organization & culture   

SISTEM INFORMASI DALAM SISTEM KERJA ORGANISASI

BUSINESS PRESSURE

ORGANIZATION RESPONSES 

  • STRATEGIC SYSTEM
  • BUSINESS ALLIANCES 
  • BUSINESS PROCESS RE-ENGINEERING
    • CYCLE TIME, COLLABORATE WORK, RESTRUCTURING, ETC.
  • CONTINOUS IMPROVEMENT
    • TQM, JIT, CHANGE MANAGEMENT
  • ELECTRONIC COMMERCE
    • ANY TIME, ANY PLACE, ANY WAY

No comments:

Post a Comment